“Komunitas Belajar Perempuan Akar Rumput untuk Membangun Kepemimpinan Perempuan dan Penghentian Kemiskinan”

Salah satu strategi yang dikembangkan dalam Gerakan Gender Watch-MAMPU adalah membangun komunitas-komunitas belajar di tingkat desa dan kampung-kampung. Mereka belajar dalam wadah Sekolah Perempuan untuk memperkuat perspektif gender, membangun toleransi dan mengembangkan kemampuan untuk keluar dari kemiskinan. Setelah berlangsung 1 tahun, Yayasan Alfa Omega (YAO-Kupang) menyelenggarakan Peluncuran Sekolah Perempuan. kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan keberadaan Sekolah Perempuan, mengenai sejarah, proses pembentukan, perjuangan dan hasil-hasilnya.

Pada peluncuran yang pertama, tampak dalam foto Direktur YAO (Sofia Malelak dee Han) didampingi Tien Riwu (Steering Committee) menyerahkan daftar nama anggota Sekolah Perempuan kepada Bupati Kupang dan selanjutnya Bupati menyerahkan kepada Kepala Desa. Proses ini juga dihasiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, SKPD, Camat, tokoh masyarakat dan anggota Sekolah Perempuan.

Pada peluncuran yang kedua, staf Ahli menyampaikan bahwa Walikota sangat mengapresiasi YAO dan KAPAL PEREMPUAN yang memberi perhatian serius serta berkontribusi terhadap pemberdayaan perempuan di kota Kupang. Hal ini penting untuk merespon situasi perempuan yang sampai saat ini masih terpinggirkan dari akses terhadap program-program perlindungan sosial. Karena itu diharapkan agar mama-mama belajar dengan serius agar kapasitas dan kemandiriannya dapat terbangun dan berdaya. Karena itu di harapkan pemerintah kelurahan dapat bersinergi dengan apa yang telah dibangun lewat Gender Watch. Mama-mama juga diharapkan dapat menyuarakan aspirasi ke pemerintah sehingga akhirnya semua bisa bergandengan tangan membangun kota kupang yang berdaya, mandiri dan modern. Kemitraan ini harus terjaga dan dibangun terus.

Oleh : Delmi-Koordinator Program Gender Watch Yayasan Alfa Omega Kupang NTT.