Pelantikan Sekolah Keterampilan Kerja untuk PRT

Hari ini, 19 November 2017 Jala PRT menyelenggarakan Pelantikan untuk siswa yang lulus angkatan pertama Sekolah Ketrampilan Kerja untuk Pekerja Rumah Tangga.

Lita Anggraini, koordinator Seknas Jala PRT dalam sambutannya bahwa ketrampilan dan keahlian yang diberikan bukan hanya untuk mendapatkan ketrampilan tetapi juga untuk perjuangan hak. Mendapatkan pengetahuan adalah hak PRT.


Peserta Sekolah Ketrampilan angkatan I ini berjumlah 20 orang tetapi yang mengikuti ujian sebanyak 17 orang karena 3 orang tidak mendapat ijin dari majikannya. Dari 17 orang yang mengikuti ujian, semuanya lulus.
Perjuangan PRT untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tidak mudah karena harus mendapatkan ijin dari majikan (orang yang mempekerjakan/pengguna jasa) dan keluarganya terutama suaminya. Apalagi kalau PRT tersebut bekerja pada 3 sampai 5 tempat maka dia harus ijin sampai 3-5 kali. Menurut Lita, sebenarnya tidak perlu ijin karena itu adalah hak.

Dalam pelantikan tersebut, hadir dari perwakilan Kemenakertrans dan ILO yang selama ini sudah memberikan dukungan terhadap proses-proses pendidikan PRT.

Di akhir acara para tamu dan seluruh peserta makan bersama hasil dari masakan para instruktur dan peserta yang dilantik.

Post a comment