Perempuan, Kerja dan Perubahan Sosial

Buku ini punya kesejarahan dengan terbentuknya Pusat Studi Wanita/Gender di Indonesia khususnya di Universitas Indonesia. Dr. Ratna Saptari, salah satu penulis buku menyatakan bahwa munculnya gagasan studi perempuan salah satunya merupakan respon terhadap kebijakan Women In Development (WID) pada akhir tahun 1980-an. WID adalah sebuah kebijakan pembangunan yang melibatkan perempuan dalam proyek-proyek pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan produktifitas pembangunan.

Para penyusun kebijakan pembangunan tersebut tidak melihat bahwa kurangnya partisipasi perempuan dalam pembangunan disebabkan oleh hambatan dalam relasi gender bukan karena perempuan tidak mau aktif dalam pembangunan. Inilah yang mendorong Prof. Dr. Saparinah Sadli dan Prof. Dr. TH Ihromi beriniasitif untuk membuat studi perempuan yang lebih kritis. Salah satu studi kritis yang dilakukan adalah penelitian mengenai perempuan dan kerja yang dilakukan oleh Ratna Saptari dan Brigitte Holzner yang kemudian diterbitkan menjadi buku ini. Buku ini menunjukkan pandangan yang berbeda tentang partisipasi dan “produktifitas perempuan” karena menggunakan kajian feminis. Perempuan sudah produktif dan terlibat dalam berbagai bidang dalam dunia kerja.

Untuk terus mendukung kajian kritis dan strategis di universitas maka diselenggarakan kursus selama 4 bulan bekerja sama dengan Universitas Leiden di Belanda untuk para staf pengajar di berbagai universitas. Setelah mengikuti kursus, para peserta akan membentuk pusat studi wanita/gender di universitas masing-masing. Tugas dan fungsi pusat studi ini melakukan kajian strategis untuk mengintegrasikan isu gender di berbagai bidang keilmuan di universitasnya.

Penerbitan kembali buku Perempuan, Kerja dan Perubahan Sosial dilakukan karena masih relevan sampai saat ini dan dapat menjadi referensi yang harus terus dikembangkan sesuai dengan situasi perempuan saat ini. Di akhir presentasinya, Dr. Ratna Saptari menyatakan bahwa untuk memperkuat pemahaman terhadap konteks ditulisnya buku tersebut dapat juga membaca buku Tumbuhnya Gerakan Perempuan Indonesia Masa Orde Baru yang ditulis Yanti Muchtar, M.Phil karena studi-studi perempuan yang dilakukan di universitas juga mengangkat isu-isu yang menjadi agenda gerakan perempuan.

Buku ini diterbitkan oleh Kalyanamitra dan YJP, diluncurkan pada 22 Agustus 2016 dengan bekerja sama dengan Program Studi Kajian Gender Universitas Indonesia.

Website Comments

  1. Perubahan Sosial
    Reply

    Menarik ulasan bukunya. Perubahan Sosial dalam berbagai pengertian dan definisi sudah banyak dijelaskan. Antara perubahan sosial, peran perempuan dan institusi sosial sangat berkaitan erat. Semoga buku ini dapat menjadi media perubahan sosial tersebut

Post a comment