Transek, Pemantauan dan Sekolah Perempuan

Transek adalah salah satu alat PRA (Participatory Rural Appraisal) untuk mengetahui situasi dan sumber daya masyarakat di suatu wilayah dengan cara berjalan menelusuri wilayah tersebut (desa/kelurahan). Hasilnya kemudian dibuat dalam bentuk bagan atau gambar irisan muka bumi.

Metode ini dipakai oleh anggota Sekolah Perempuan yang tergabung dalam Tim Pemantau Komunitas dalam rangka pemantauan pelaksanaan Program JKN-PBI (Jaminan Kesehatan Nasional-Penerima Bantuan Iuran) atau biasa disebut penerima kartu KIS atau kartu jaminan kesehatan gratis.


Hari ini, 23 Agustus 2017, Tim Pemantau Komunitas Sekolah Perempuan menggunakan metode transek ini untuk mendapatkan informasi penerima JKN-PBI dan sekaligus memetakan situasi masyarakat miskin dan kondisi lingkungannya dengan menelusuri dan mengamati setiap RT di Kelurahan Jatinegara Kaum. Hasil transek ini akan digunakan untuk survei yang dilanjutkan dengan FGD dan wawancara mendalam.

Senang sekali, mereka melakukan dengan semangat karena tahu bahwa data yang mereka hasilkan akan menjadi bahan advokasi untuk perbaikan pelayanan kesehatan untuk perempuan dan warga miskin.