Laporan Singkat Kunjungan Menteri KPPPA dan Peresmian Radio Sekolah Perempuan di Lombok

KUNJUNGAN KERJA MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAN PERESMIAN RADIO SEKOLAH PEREMPUAN

RADIO DARURAT SIAGA COVID-19-NINA BAYAN 107,7 MHz

Desa Sukadana, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB)

 

Tanggal 15 April 2021, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Ibu Bintang Puspayoga, melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat. Agenda hari pertama Menteri PPPA di NTB adalah melakukan kunjungan untuk berdialog dan meresmikan “Radio Sekolah Perempuan, Darurat Siaga COVID-19, Nina Bayan, 107,7 MHz” sebagai media perempuan yang membantu proses pembelajaran jarak jauh dan mengurangi dampak pandemi terhadap perempuan.

Dalam dialog dan peresmian radio ini dihadiri juga Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu, perwakilan pemerintah provinsi, dinas terkait pemerintahan kabupaten, Kepala Desa, Kecamatan dan perwakilan warga serta perwakilan Anggota Sekolah Perempuan. Menteri PPPA juga didampingi oleh tiga deputy yaitu deputi Kesetaraan Gender, Deputi Pemenuhan Hak anak dan Deputy Perlindungan Perempuan. Kegiatan ini dilakukan di halaman terbuka Kepala Desa Sukadana diikuti oleh 100 peserta.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan meresmikan radio Sekolah Perempuan di desa ini dengan menandatangani sertifikat dan melakukan siaran langsung di radio dengan menyampaikan:

“Saya memberikan apresiasi atas keberadaan radio perempuan ini sebagai media pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Timur. Media ini menjadi contoh baik untuk direplikasi di wilayah lain apalagi pengelolanya adalah perempuan desa yang sudah berdaya dan memiliki kesetiaan dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.  Kekuatan ini semakin besar karena adanya dukungan masyarakat, pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten atas inisiatif yang dikembangkan oleh KAPAL Perempuan dan LPSDM dengan dukungan Digital Access Program.”

Hari ini, tepat sepekan menyambut peringatan Hari Kartini, sebagai semangat memupuk dan meneruskan perjuangan Kartini untuk kemajuan perempuan di berbagai ranah kehidupan, maka saya  meresmikan: “Radio Sekolah Perempuan, Darurat Siaga COVID-19, Nina Bayan, 107,7 MHz” desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Desa Sukadana, 15 April 2021
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
Bintang Puspayoga

draft-naskah-peresmian-radio-perempuan-lombok-lengkap-versi-1

Melalui radio ini, para siswa SD, SMP dan SMA dapat mengikuti pelajaran dari gurunya. Adapun mata pelajaran yang disampaikan yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia, Aqidah Akhlaq dan dongeng anak untuk siswa SD. Untuk siswa SMP mata pelajaran yang disampaikan yaitu IPS, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Sementara untuk siswa SMA yaitu Bahasa Inggris dan IPA.

Radio ini juga berperan sebagai media informasi dan edukasi dalam mengatasi dampak pandemi terhadap perempuan di desa melalui siaran-siaran tentang pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, perkawinan anak dan perlindungan hukumnya serta mengedukasi tentang kesehatan terkait COVID-19 dan kesehatan reproduksi perempuan. Selain itu, siaran radio juga menjadi media promosi untuk mendukung usaha ekonomi mikro dan usaha kecil perempuan yang mengalami keterbatasan pemasaran di masa pandemi.

Selain meresmikan radio, Menteri PPPA berdialog dengan masyarakat yang hadir dan menyampaikan apresiasi atas upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Sekolah Perempuan atas pendampingan Institut KAPAL Perempuan dan LPSDM  di Desa Sukadana. Menurut Ibu Menteri, salah satu wujud pemberdayaan perempuan adalah dengan memberikan media bagi perempuan untuk saling berbagi informasi, mengedukasi dan pada akhirnya tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga, namun juga bermanfaat bangsa dan negara. Dengan adanya radio perempuan ini, informasi dan edukasi diharapkan dapat berjalan dengan baik dalam mengatasi dampak pandemi khusunya terhadap perempuan dan anak. 

 

___________________

Daftar Link Liputan Berita Kegiatan:

  1. http://nasional.kompas.com/read/2021/04/16/11474851/menteri-pppa-apresiasi-sekolah-perempuan-di-lombok-utara-yang-dikelola
  2. https://www.antaranews.com/berita/2105666/menteri-pppa-dorong-pemberdayaan-perempuan-di-ntb
  3. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3141/resmikan-radio-sekolah-perempuan-menteri-bintang-dorong-pemberdayaan-perempuan-di-lombok-utara
  4. https://www.beritasatu.com/nasional/761093/menteri-pppa-apresiasi-perda-pencegahan-perkawinan-anak-di-ntb
  5. https://grafikanews.com/berita-menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio-sekolah-perempuan-desa-sukadana.html
  6. https://rri.co.id/go/CPBiqS5
  7. https://grafikanews.com/berita-menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio-sekolah-perempuan-desa-sukadana.html
  8. https://www.postkotantb.com/2021/04/sekolah-perempuan-desa-sukadana-media.html
  9. https://www.gatra.com/detail/news/509334/hukum/pertama-di-indonesia-perda-pencegahan-perkawinan-anak-ntb-
  10. https://www.bumigoranews.com/2021/04/menteri-pppa-resmikan-radio-sekolah.html
  11. https://lensanasional.com/kunker-di-lombok-utara-menteri-pppa-resmikan-radio-sekolah-perempuan/
  12. https://beritakajang.com/2021/04/15/menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio-sekolah-perempuan-desa-sukadana/
  13. https://utarapost.net/menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio-sekolah-perempuan-desa-sukadana/
  14. https://ditaswara.com/menteri-pppa-resmikan-radio-sekolah-perempuan-desa-sukadana/
  15. http://lombokhijaunews.com/menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio-sekolah-perempuan-di-desa-sukadana/
  16. https://www.suaraselaparang.co.id/2021/04/menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio.html
  17. https://hariannusa.com/2021/04/16/menteri-pppa-dialog-dan-resmikan-radio-nina-bayan-di-lombok-utara/
  18. https://youtu.be/C7hqTELT0qo

Post a comment