Siaran Pers Peluncuran Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kabupaten Lombok Timur

“Pulih Bersama Mewujudkan Desa Ramah Perempuan, Peduli Anak dan Inklusif”

Labuhan Lombok, 7 Maret 2022

Menyambut peringatan hari Perempuan International tahun 2022 yang akan diperingati tanggal 8 Maret 2022, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meluncurkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRRPA) di Lombok Timur. Peluncuran ini dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama pemangku kepentingan untuk mewujudkan DRPPA pada hari ini Senin 7 Maret 2022 diselenggarakan di desa Labuhan Lombok. Setelah peluncuran ini, Menteri PPPA akan melakukan kunjungan ke desa Kembang Kerang Daya kecamatan Aikmel yang didampingi oleh DP3AKAB Kabupaten Lombok Timur dan dan desa Pijot yang didampingi oleh KAPAL Perempuan dan LPSDM.

Desa Kembang Kerang Daya merupakan desa replikasi Sekolah Perempuan oleh DP3AKAB pemerintah kabupaten Lombok Timur. Di desa ini Menteri PPPA akan mengunjungi dan menyaksikan pameran hasil produk pengambangan usaha perempuan. Di desa Pijot, kecamatan Keruak, Menteri PPPA akan berdialog dengan Sekolah Perempuan BERDAYA tentang pengalaman untuk “Pulih Bersama Mewujudkan Desa Ramah Perempuan, Peduli Anak dan Inklusif”. Desa Pijot yang merupakan desa piloting dalam mengembangkan kepemimpinan perempuan dalam musrenbang perempuan, mengembangkan pos pengaduan perempuan untuk pendampingan kasus kekerasan terhadap perempuan, perkawinan anak, pemenuhan adminduk kelompok marginal, perlindungan sosial dan lain-lain.

      

Kolaborasi antara Kementerian PPPA, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, organisasi non pemerintah (KAPAL Perempuan, LPSDM, Rutgers, SANTAI) dan berbagai pemangku kepentingan ini merupakan langkah strategis untuk mempercepat pembangunan, khususnya untuk kesetaraan gender dan keadilan bagi kelompok marginal. Peluncuran ini juga menjadi bagian dari komitmen pemeritah daerah Lombok Timur mencapai 10 indikator DRPPA sebagai upaya mempercepat pencapaian IPM, IPG, IDG dan SDGs.

Salah satu komitmen dan dukungan kuat pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur terhadap Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dengan meluncurkan 13 desa rintisan dan percontohan. Selain itu pemerintah kabupaten Lombok Timur juga telah mereplikasi model pemberdayaan perempuan yaitu Sekolah Perempuan, musrenbang perempuan dan produk kebijakan perlindungan perempuan anak dengan adanya Perbup No 41 Tahun 2020 tentang Pencegahan Perkawinan Anak. Dan seluruh desa 239 telah memiliki Perdes Pencegahan Perkawinan Anak. Sekarang komitmen Pemda untuk mewujudkan pada 241 Desa/ Kelurahan akan mewujudkan sebagai Desa/kelurahan yang Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Komitmen bersama ini dideklarasikan untuk menyatukan tekad bersama yaitu:
1. Mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan peduli Anak di 13 desa rintisan dan percontohan di kabupaten Lombok Timur
2. Pemerintah Daerah mereplikasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di 241 desa/kelurahan yang berkonstribusi pada peningkatan IPM,IPG,IDG dan pencapaian SDGs
3. Memfasilitasi pelaksanaan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak melalui kebijakan, program dan penganggaran yang responsive gender dan inklusif
4. Memperkuat kolaborasi semua pemangku kepentingan secara partisipatif untuk meningkatkan partisipasi perempuan, anak, disabilitas, kelompok muda untuk pembangunan yang responsive gender dan inklusif
5. Memastikan hasil pelaksanaan Desa Ramah Perempuan dan peduli Anak melalui model monitoring, evaluasi dan pembelajaran secara partisipatif.

Labuhan Lombok, Kabupaten Lombok Timur 7 Maret 2022

Kontak peron:
1. Misiyah (Direktur Institut KAPAL Perempuan, Jakarta): 08111492264
2. Ririn Hayudiani (Direktur LPSDM, NTB): 0818543798
3. Suhartik (Direktur SANTAI, Mataram): 081803654297
4. Erna Wahyuningsih (District Coordinator program PtY Rutgers): 08179736966

Post a comment